Sabtu, 14 September 2013

Ditengah Angin Kencang

    Berawal saat masih kecil suka mengejar menubruk ingin menangkap sekumpulan burung Emprit yang sering turun ditanah halaman depan rumah hingga pada suatu saat melihat pusaran angin kecil yang bergerak ke kanan kiri maju mundur kesegala arah, kemunculannya terlihat disudut rumah saat angin bertiup menerbangkan dedaunan kering. sebagai bocah tentu penasaran dan pengen mengejar menangkap dedaunan kering yang terbang berputar-putar didalam pusaran angin kecil tersebut tapi selalu tidak berhasil. 

   Akhirnya setelah bertahun-tahun berlalu keinginan merasakan berada di dalam hembusan angin terkabul namun berbahaya sekitar tahun 2007 yang lalu di daerahku dilanda angin besar yang menumbangkan beberapa pohon pisang, genteng rumah juga ikut terlempar hampir mengenaiku, jemuran pakaian berterbangan berserakan dilantai atas gak berani aku naik mengambilnya karena diatas anginnya lebih kencang. Para tetangga terutama anak-anak menangis ketakutan semua berkumpul sambil berdoa di tempat lapang untuk menghindarinya hingga kembali mereda. Rasanya seperti berada ditengah badai sensasi adrenalin naik tapi menakutkan, memang kekuatan anginnya tidak sebesar angin Tornado di Amerika, entah kenapa media masa kini sering menyebutnya angin puting beliung padahal dulu era tahun 80an - 90an sebutannya berbeda-beda tergantung sebutan angin dari masing-masing tiap daerah misal: angin Bohorok, angin lessus dsb.




      Kemudian beberapa tahun yang lalu saat di daerah Sleman, kakak mengatakan melihat pusaran angin di area persawahan kali ini memberanikan diri nekat mengejarnya lalu masuk ketengah-tengah pusaran angin (jangan ditiru ya!), tubuh terasa lebih ringan melayang dikelilingi jerami yang berputar berterbangan cuma terasa pedih di mata lebih aman karena anginnya tidak terlalu besar namun cukup kuat mengangkat. Itulah sebagian pengalamanku yang menegangkan bagaimana dengan pengalaman kalian?  

Ilustrasi : antarayogya.com
              awando.wordpress.com
  

4 komentar:

  1. Gak ada pengalaman kena angin kencang sih, cuma lihat angin lisus pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Wahyu Alfiansyah
      berarti daerahnya aman tuh.

      Hapus
    2. Iya, q tinggal di daerah Sidoarjo yang terkenal lumpurnya, tapi masih jauh dari pusatnya.. alhamdulillah disini bukan daerah konflik dan aman2 saja

      Hapus
    3. @Wahyu Alfiansyah
      Syukurlah, daerahku jg bukan daerah konflik aman dari huru hara tapi mungkin kondisi alamnya yg berubah-ubah shg bisa muncul angin kencang. Seumur-umur cuma sekali itu angin besar tsb melanda sebelumnya gak pernah kejadian.

      Hapus