Senin, 09 September 2013

Misteri Candi di Dasar Sungai

  Seperti biasa dulu seusai sekolah SD menjelang liburan suka merayakan bersama teman-teman salahsatunya mandi di sungai tapi pada suatu saat memilih lokasi baru yang lebih menantang lokasinya jauh dari rumah, lebih dalam dan luas (agak berbahaya harus waspada terhadap pusaran air)
     Sedang asyik-asyiknya bermain berenang di sungai tiba-tiba salah satu temen merasa menginjak bebatuan yang tidak alami terukir bentuknya terasa seperti puncak sebuah candi sayang tidak dapat dilihat karena airnya berkeruh dalam dan arusnya agak kuat. Temen-temen yakin itu adalah sebuah candi yang terkubur ratusan tahun dan sepertinya makin lama makin terkubur lebih dalam dikarenakan selalu bertambahnya pasir dan lumpur tiap banjir datang apalagi sekarang udah bertahun-tahun berlalu posisi tepatnya udah tak lagi diketahui. Berikut ini foto-foto yang kuambil:


   Ada satu lagi tempat yang kini udah jarang ditemui terdapat sumur kuno yang terkubur masih terlihat sebagian sisinya berlumut dipenuhi akar pohon yang besar, entah berapa lama usia sumur tersebut hingga kini masih teka-teki belum ter ekpose ke media masa. Gambar ini kuambil sabtu tgl 8 September 2013 cek:


Aksi seru menegangkan melewati jembatan kayu yang hampir putus ala Indiana Jones juga pernah kualami tapi maaf foto aslinya gak ada sebab jembatan tersebut udah hilang diterjang banjir bertahun-tahun yang lalu ini sebagai ilustrasinya aja.

 Itulah sebagian peristiwa yang ditemui kadang tanpa sengaja menemukan hal-hal langka yang seru untuk ditelusuri, semoga bisa diambil hikmahnya.

Gambar ilustrasi:  pikiran rakyat.com
                         nonprophetstatus.wordpress.com 

8 komentar:

  1. iya sob, kadang kita tak tahu ada benda2/ tempat2 misterius di sekitar kita yg belum terjamah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Wahyu Alfiansyah
      Kita cenderung lebih memperdulikan kepentingan sendiri/ sibuk dengan urusan sendiri sehingga kurang memperhatikan/ kurang peduli dengan keadaan sekitar. Saat mengeluh cenderung melihat yg diatas lupa melihat yg dibawah sehingga lupa pula utk bersyukur atas segala nikmat dari Allah swt. Bersyukur cuma disaat senang namun mengeluh disaat susah, semoga hati kita pandai bersyukur.

      Hapus
  2. Menakjubkan,
    jadi kepingin lihat, tapi selama saya hidup belum pernah melihat candi baik candi yang kecil maupun yang besar.
    artikel di atas walaupun hanya gambar tapi bagi saya sungguh sangat menakjubkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Meutrap Barang
      lebih seru lagi liat artikel-artikelku bulan Agustus. Sebenarnya ada yg lebih menakjubkan tapi hingga kini blm bisa kubuat artikelnya karena kendala medan lokasinya yg jauh dan berat melelahkan cukup menantang berupa air terjun yg indah, dulu kutemukan bersama temen2 sekitar th 1995 saat menjelajahi bukit2 pegunungan arah timur desa Sindet Trimulyo Jetis Bantul, hingga kini blm terekpose media masih alami gak ada di peta. Dulu jalan utk ke air terjun harus melewati jalan setapak berbatu pinggir jurang namun sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan alam yg indah. Disekitar air terjun tsb terdapat beberapa cekungan alami spt kolam2 mini.

      Hapus
  3. Baru dugaan saja? Atau sudah ada ekspedisinya? Soalnya, judulnya sedikit memperlenceng dari ekspetasi awalku. (-_-")

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Cerpen Horor
      Baca kembali kalimatnya gan: "...salahsatu temen merasa menginjak bebatuan...sayang tidak dpt dilihat karena airnya berkeruh..." Dlm hal ini berdasarkan indera peraba yg dirasakan kaki lalu berdasarkan hal tsb mengingatkan bentuk candi, waktu itu masih SD(masih anak2) dlm pikiran anak2 yg penting tetap senang asyik main gak kepikiran utk melaporkan temuan tsb utk ekspedisi karena orang dewasa sering tidak percaya dg kepolosan anak kecil, maunya harus disertai bukti otentik yg kuat jadi hingga kini tetap menjadi rahasia terpendam. Mau dilaporkan sekarang pun sangat sulit sebab lokasinya udah lupa (udah puluhan tahun pas masih anak2) makin lama makin terkubur tambah dalam karena pasir dan lumpur selalu bertambah tiap banjir. Itu sebabnya menjadi misteri yg penuh tanda tanya.

      Hapus
  4. artkel yg keren...
    gmn dapat sesuattu gak dari penemuan tersebut?sperti harta gtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ J. Phatar Anugrah
      wah gak dpt harta cuma dpt semacam pedang berkarat dlm lumpur setelah banjir. lebih keren lagi liat artikel terbaruku mungkin menarik.

      Hapus