Selasa, 24 September 2013

Sholat Jumat Bagaikan Sholat Malam

     Barangkali dalam benak kalian muncul pertanyaan tentang apa maksud judul tersebut lalu mengira-ngira mungkin karena jumlah rakaatnya sama seperti sholat subuh. Sholat Jumat yang dimaksud tersebut karena situasinya benar-benar gelap gulita seperti tengah malam padahal kejadiannya siang bolong, terjadi gerhana matahari kah? Bukan, kalo cuma gerhana tentu kejadiannya cuma sebentar tetapi hal ini terjadi sejak pagi kira2 mulai jam 7 pagi yang seharusnya langit mulai cerah karena matahari mulai naik namun malah terlihat mendung awan hitam pekat seakan mau hujan deras sehingga tidak memungkinkan untuk menjemur pakaian, makin lama makin gelap sangat menakutkan seperti badai apalagi waktu itu belum ada PLN, masyarakat banyak yang menyalakan teplok sentir obor sebagai alat penerangan.

  



   Kejadian ini benar-benar terjadi dialami oleh ayahku dulu saat masih remaja bertepatan hari Jumat 31 Agustus 1951, beberapa saat kemudian terjadi hujan abu terus menerus apakah Merapi meletus? Ternyata yang meletus adalah gunung Kelud yang ada di daerah perbatasan Kediri Malang Blitar Jawa Timur padahal jaraknya sangat jauh dari Jogjakarta, saya gak bisa membayangkan ketakutan masyarakat setempat yang daerahnya dekat gunung Kelud waktu itu, jika dibandingkan dengan hujan abu yang melanda Yogyakarta 2010 yang lalu saat gunung Merapi meletus cuacanya masih terang meskipun cukup deras hujan abunya. Menurut informasi gunung Kelud pernah meletus tahun 1901 dan tahun 1919 sedangkan letusan terbesar terjadi tahun 1586 menewaskan sekitar 10 ribu orang. 
   
    Alhamdulillah awan hitam yang menyebar menyelimuti seluruh wilayah tersebut bukan awan panas mengerikan yang mematikan sehingga masyarakat tetap semangat berangkat ke masjid untuk sholat Jumat meskipun diliputi perasaan cemas khawatir dalam hati yakin kalo memang awan panas jika meninggal sahid khusnul khotimah apalagi pas ibadah Jumat, dalam akhir khotbah semua berdoa memohon perlindungan Allah swt dari marabahaya bencana alam.
    

   Demikian cerita pengalaman ayahku semoga bisa diambil hikmahnya agar tetap menjalankan ibadah apapun kondisinya meskipun dalam keadaan bahaya yang mengancam.  

Ilustrasi: peristiwa.co
             seihaisensou.blogspot.com

8 komentar:

  1. Alhamdulillah masih bisa sholat jum'at berjamaah ^^
    istilahnya boleh diposting di artikel berikutnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Wahyu Alfiansyah
      Tetap pertahankan upayakan selalu sholat berjamaah, terutama sholat jumat meski boleh diganti dg sholat dzuhur dalam perjalanan jauh upayakan dg perkiraan waktu bisa berhenti istirahat dulu menunggu utk sholat jumat baru kemudian bisa meneruskan perjalanan (dulu aku pernah hampir terlambat sholat jumat jadi motor dikebut pas pulang kuliah). Istilah2nya gak nyambung ya? ini karena pas lagi ingat keburu lupa, lagi rada amnesianisasi: miskin kurangnya memory dlm otak - tambahan utk kamus bhs vickybulary haha.... OK Terima kasih sarannya.

      Hapus
    2. heheh.. ya gpp biar tambah banyak artikelnya gitu..

      Hapus
    3. @Wahyu Alfiansyah
      Ok sip kalau muncul inspirasi lagi akan kutulis jika ada kesempatan, kuupayakan semua isi postingan blm pernah ada datanya di internet jadi murni bukan copy paste karena itu update postingan kebanyakan seminggu sekali. maaf ya kalo sering nunggu lama, rencana bikin postingan cerita kayak komik action aja blm terlaksana lagi mikir bikin special efeknya biar aksi kejar2an mobil makin terlihat seru (kedua mobil papercraft udah dipasang roda kini lg buat mobil ketiga), sobat lainnya jg penasaran lagi nunggu hasilnya.

      Hapus
  2. Terkadang kita yg dalm kondisi lapang..masih suka meninggalkan perintahnya...
    Terima kasih mas..telah mengingatkan..
    Salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @budi os 19
      Sama-sama saling mengingatkan karena banyak yg meremehkan sholat misal pas liat konser musik, pas liat sepakbola di stadion, pas ngantri panjang lama beli tiket = rata2 alasannya takut gak kebagian tempat padahal bisa diupayakan sebelumnya spt sholatnya bisa dijamak dulu agar bisa dpt tiket kereta/kapal tanpa meninggalkan sholat. Salam kenal

      Hapus
  3. Mantap sob artikelnya,
    sharing is amazing

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Meutrap Barang
      Terima kasih gan, liat artikelku lainnya jg ya!! semoga bisa diambil hikmahnya.

      Hapus